Polres Mesuji Melaksanakan Kegiatan Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serenta


 

Polres Mesuji - Bupati Mesuji Saply TH, Pimpin Giat Apel Pergeseran Pasukan dalam pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Mesuji, yang akan di laksanakan pada Tanggal 01 November 2021, sebanyak 57 Desa di 7 Kecamatan, Minggu ( 31/10/21) Pagi. Di Alun - Alun Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji.

Kegiatan Apel Pergeseran Pasukan di hadiri oleh Bupati Mesuji Saply TH, Dansat Brimob Polda Lampung KBP Wahyu Widiarso Suprapto S.ik.,M.si, Dandim 0426 Tulang Bawang Letkol Kav Joko Sunarto S.Sos., M.Han, Kapolres Mesuji AKBP Alim S.H S.ik, Perwakilan Pejabat Pengadilan Tulang Bawang, Perwakilan Pejabat Kejaksaan Tulang Bawang, Kepala Dinas PMD, Kasat Pol PP Kabupaten Mesuji, PJU Polres Mesuji, Para Kapolsek dan Kasubsektor Polres Mesuji, 1 Pleton Perwira, 1 Pleton TNI, 1 SSK Brimob, 40 Personil BKO dari Polres Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat, 2 SSK Personil Polres Mesuji PAM TPS, 1 Pleton Pol PP dan 1 Pleton Linmas.

Dalam Sambutannya Bupati Mesuji Saply TH mengatakan, Giat apel yang di selenggarakan pada hari ini merupakan bentuk respon terhadap perkembangan lingkungan strategis, baik pada tataran regional maupun nasional, yang dapat berimplikasi kepada aspek keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Mesuji.

Sambung Bupati dalam sambutanya, seperti yang kita ketahui bersama, Kabupaten Mesuji akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di 57 desa, dan akan dilaksanakan pada tanggal 1 November 2021, Oleh sebab itu diperlukan pengamanan yang cukup ekstra, serta pengerahan personil aparat keamanan.

Dengan harapan pemilihan Kepala desa di Kabupaten Mesuji, dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir pada hari ini, atas bantuan waktu dan tenaga guna membantu pelaksanaan pengamanan Pilkades di Kabupaten Mesuji yang kita cintai ini. Saya selaku pimpinan apel menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Kepada seluruh Aparat yang membantu pengamanan serta seluruh peserta apel dalam upaya memelihara dan mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif. Tutup Bupati

Di tempat yang sama Kapolres Mesuji AKBP Alim S.H, S.Ik menjelaskan untuk Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa serentak ini tentunya kita tidak under estimate, kita tetap berfikiran yang terburuk, sehingga Polri, TNI, Brimob kemudian Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji, bersama - sama bekerjasama, berkolaborasi, berkoordinasi dan komunikasi yang baik, untuk pemilihan Kepala Desa yang tentunya dengan harapan Aman, Sejuk dan Damai.

Lebih lanjut jelas Kapolres, untuk kegiatan besok kami telah menyiapkan dan menurunkan anggota, untuk Polri sendiri, diantaranya Anggota Brimob, kemudian dukungan dari Polres tetangga seperti Polres Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Lampung Tengah. Adapun jumlah yang kami turunkan sebanyak 408 Personil, kemudian TNI dari Kodim 0426 Tulang Bawang sebanyak 115 Personil.

Kemudian seluruh Personil akan kita tempatkan di 181 TPS dan 57 Desa yang akan melaksanakan Pilkades, tentunya setiap Desa memiliki kriteria yaitu Aman, Rawan dan Sangat Rawan. Untuk kategori Aman, kita menempatkan 2 Personil, 1 TNI dan 5 Linmas setiap TPS, sedangkan kategori Rawan akan di turunkan 5 Personil setiap TPS kemudian untuk yang Sangat Rawan akan di turunkan 10 Personil per TPS nya. Ujar AKBP Alim 

Di setiap tempat - tempat yang masuk dalam kategori sangat rawan akan di turunkan Team Khusus dari BKO Brimob yang akan di tempatkan di Zona - Zona merah masing - masing 1 Pleton, yaitu di Kecamatan Mesuji Timur, Tanjung Raya dan Way Serdang. Karena itu kita tempatkan di dekat - dekat TPS yang rawan guna mempermudah dalam memantau dan Patroli, apabila ada yang sifatnya edukujensi atau Keos, maka rekan - rekan Brimob dan Sabhara bisa cepat dalam menanggulangi hal tersebut. Ucap Kapolres

Kemudian team dari deteksi dini, intelijen, Penegakkan Hukum dan Reserse akan kita turunkan, guna mengantisipasi, mulai dari hari ini apabila ada dugaan money Politik atau tindak pidana yang berkaitan dengan Pilkades akan kita ambil tindakan tegas dan terukur. Pungkasnya. (Dum)



Himbauan